Awal Mula Menjadi Editor

Dahulu kalaaaa, waktu saya masih jadi penulis, pernah berandai-andai, kayak apa yah rasanya jadi editor. Eh… kesampaian. Ceritanya suatu ketika saya kirim naskah novel ke Mizan Group (Hikmah Publishing). Naskah itu sudah melewati 4 penerbit dan belum rezeki terbit. Waktu itu saya idealis, ada penerbit yang bilang konfliknya kurang tajam, secaraaa emang itu novel ringan, tentang seorang tante dengan delapan keponakan (kebayang hebohnya), tapi ada nilai-nilai entrepreneurship, relationship, dan love di sana *ciyeee*

Singkat cerita, saya kirim ke Hikmah eh, lolos. Malah sejak itu saya jadi editor freelance mereka. Khususnya merombak naskah ya, jadi istilah kwerennya sih “Editor Content”. Waktu itu editor senior Hikmah bilang, kelebihan novel saya itu adalah meramu dialog banyak tokoh dengan ciamik *hem*, lalu ada beberapa novel yang saya edit, diperbaiki gaya bahasanya, dialognya, dan sebagainya. Malah salah satunya kepilih disinetronkan. Tokoh itu awalnya tak berjilbab, sampai dijilbabin, lumayan ribet juga hihi.

Sejak itu saya suiiiibuk menjadi editor content, naskah fiksi dan nonfiksi. Bahkan merambah mengedit naskah penulis-penulis yang ingin menerbitkan sendiri buku mereka (indie publishing), bahkan buku untuk hadiah ultah perkawinan.

That’s why salah satu alasan saya mendirikan LK’s (elkeys) Creative Studio ini, untuk merangkul pula teman-teman yang berbakat bersatu padu menjadi tim yang solid, Insya Allah.


sumber gambar:http://wulanwahyuning.blogspot.com/2010/10/edit-naskah.html

3 Comments (+add yours?)

  1. g2-93d03bcc414acc7541099c1c7718f0f2
    Aug 11, 2011 @ 01:38:51

    Menemukan web mbak LK 🙂 Banyak ilmu yang didapat… mudah2an maslahat dan manfaat buat semua… amin ^_^

    Reply

  2. LK's Creative Studio
    Aug 11, 2011 @ 04:45:45

    hehe makasih ya

    Reply

  3. lilihprilian
    Aug 25, 2011 @ 05:38:35

    mbak laura, kalau mantan editor kira-kira bisa diterima gak ya jadi editor freelance…. hehehe 😀

    Reply

Leave a Reply

Categories

tweets

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

